Sebagai referensi, harga beton mutu K175 umumnya berkisar antara Rp.795.000 hingga Rp.1.175.000 per kubiknya. Harga tersebut dapat berubah seiring waktu dan dapat bervariasi di berbagai daerah.

Mutu beton Kk175 merupakan salah satu jenis beton yang digunakan untuk pembangunan konstruksi non struktural. Kelas mutu beton termasuk kelas 1.

Dalam paparan ini kami juga menawarkan harga serta apa saja penggunaan mutu beton K175 dalam konstruksi bangunan.

Mutu beton K175 merupakan jenis beton non struktural. Namun, beton ini cukup kuat digunakan untuk membangunan bangunan lantai satu sesuai standar. Bangunan non struktural maksudnya adalah pengecoran beton dikerjakan tanpa memerlukan proses penulangan maupun pembesian.

Mutu kelas beton K175 merupakan jenis mutu beton kelas 1 atau kelas D. Terdapat beberapa penggunaannya untuk konstruksi bangunan ringan. Selain itu, dimanfaatkan sebagai beton siklop, trotoar maupun pasangan batu kosong berisi adonan beton serta pemasangan batu.

Klass Mutu K 175
Slump 12 ± 2 cm
Isi Mobil 7 M³
Harga Rp.795.000 /M³
Isi Mobil 3 M³
Harga Rp.1.175.000 /M³

Beton Mutu K 175

Penggunaan Mutu Beton K175

Mutu kelas beton K175 merupakan jenis mutu beton kelas 1 atau kelas D. Terdapat beberapa penggunaannya untuk konstruksi bangunan ringan. Selain itu, dimanfaatkan sebagai beton siklop, trotoar maupun pasangan batu kosong berisi adonan beton serta pemasangan batu. Bila dikonversi jenis beton ini dengan SNI yaitu f’c 14,5 Mpa.

Mutu beton standar (mutu beton K175) biasa dijadikan sebagai bahan untuk membuat rumah tempat tinggal. Bangunan yang memiliki lantai satu dapat memanfaatkan mutu beton ini. pengaplikasian mutu beton dapat dimanfaatkan pada struktur kolom, dak, kuda-kuda dan sloof.

Mutu Beton K175 Paving Block

Mutu beton dengan klasifikasi K175 sering digunakan dalam konstruksi untuk berbagai tujuan. Salah satunya adalah paving block. Produk konstruksi ini bisa Anda pesan untuk membuat halaman, lahan parkir atau jalan komplek. Bentuknya bermacam-macam dan merupakan beton non struktural.

Penggunaan produk konstruksi ini memberikan banyak keuntungan berupa kemudahan dalam memasang serta harganya yang murah. Pemasangan juga bisa cepat dilakukan bahkan tanpa tukang berpengalaman sekalipun.

Baca juga: Harga paving block

Ada banyak jenis paving yang digunakan dalam proyek konstruksi. Jenis paving yang menggunakan mutu beton K175 adalah paving block mesin vibrasi. Proses pembuatannya memanfaatkan mesin press vibrasi. Penggunaannya biasa digunakan sebagai alternatif pada perkerasan pada pelataran garasi maupun lahan parkir.

Beton Jayamix ReadyMix Mutu K175

Beton Siklop atau Pondasi Sumuran

Bahan beton siklop memang memiliki karakteristik sama dengan beton biasa. Letak perbedaan pada penggunaan agregat dengan ukuran lebih besar. Ukuran batu yang digunakan dapat mencapai 20 sentimeter. Meskipun demikian, komposisi agregat kasar ini tidak diperbolehkan mencapai 20%. Komposisi pada beton ini menggunakan mutu betok K175 dengan penambahan batu mangga.

Pondasi ini merupakan bentuk pergantian antara pondasi dangkal dengan pondasi dalam. Penggunaannya dilakukan apabila tanah dasar kuat pada tingkat kedalaman relatif dalam. Tingkat kekuatan beton jenis ini memang lebih rendah dibandingkan beton bertulangan. Meskipun demikian, kekuatannya lebih tinggi dibandingkan konstruksi pasang batu.

Hal tersebut disebabkan kemampuan daya tahan tegangan tarik maupun tekannya. Sedangkan, gaya tarikannya relatif lemah. Penerapan pondasi ini dimanfaatkan dalam pembangunan pangkal jembatan dan lain sebagainya. Ukuran diameter pondasi ini berkisar 60-80 cm dengan tingkat kedalaman mencapai 1 hingga 2 meter.

Baca juga: Harga Beton Jayamix

Pada pondasi dicor beton lalu dicampur dengan menggunakan batu kali serta sedikit pembesian pada bagian atas. Penerapan pondasi ini digunakan pada tanah yang labil. Terdapat beberapa kelebihan penggunaan jenis pondasi ini. Beberapa diantaranya, tidak memicu adanya getaran. Pekerjaan ini dianggap paling tepat digunakan pada permukiman yang padat penduduk.

Mutu Beton K175 untuk Dak Bangunan

Apa yang dimaksud dengan dak? Komponen dalam bangunan ini biasa dibuat dari beton, seperti halnya beton K175 berupa panel pantaui yang digunakan dalam bangunan bertingkat. Dak ini berfungsi sebagai lantai dan juga atap dak beton. Fungsi lainnya adalah sebagai panel beton.

Kelebihan komponen bangunan ini sangat beragam, seperti halnya :

☑ Memiliki daya tahan yang kuat dan tahan lama
☑ Mampu meredam panas matahari sehingga bangunan bisa lebih nyaman ditempati
☑ Dak mudah dibersihkan sehingga memudahkan dalam perawatannya
☑ Pengerjaan finishing dak beton mudah dilakukan
☑ Memberi kemudahan jika Anda ingin menambah satu lantai lagi di atasnya.
☑ Dengan banyaknya manfaat di atas, maka banyak yang menggunakan dak beton dalam konstruksi. Akan tetapi, terdapat pula beberapa kekurangan dari dak beton, seperti halnya proses pembuatan yang rumit dan membuat kelembapan dalam ruangan akan tinggi.