Sebagai referensi, harga beton mutu K450 umumnya berkisar antara Rp.995.000 hingga Rp.1.575.000 per kubiknya. Harga tersebut dapat berubah seiring waktu dan dapat bervariasi di berbagai daerah.

Mutu beton K450 merupakan kualitas beton dengan kekuatan tekan mencapai 450 kilogram persegi.

Kualitas beton ini merupakan beton kelas III biasa digunakan pada bangunan strukutral khusus. dalam penjelasan ini kami ulas juga mengenai karakteristik dan penggunaannya untuk konstruksi prategang.
Beton Mutu K 450 merupakan salah satu beton berkualitas tinggi dengan kekuatan mencapai 450 kilogram per meter persegi. Kualitas beton merupakan mutu beton kelas III.

Penggunaan kelas III biasa digunakan untuk konstruksi bangunan struktural khusus. proses pembuatan membutuhkan kemampuan khusus.

Selain itu, dalam pembuatannya harus dilakukan oleh para tenaga ahli. Pembuatan mutu beton ini perlu dilakukan di laboratorium dengan menerapkan ragam peralatan canggih.

Pengawasan dan pemeriksaan dilakukan secara teliti dan detail. Hal ini bertujuan agar kualitas hasil beton bersifat kontinu. Penerapan kualitas beton K 450 biasa dimanfaatkan pada konstruksi khusus prategang.

Harga Beton Jayamix Ready Mix K 450

Klass Mutu K 450
Slump 12 ± 2 cm
Isi Mobil 7 M³
Harga Rp.995.000 /M³
Isi Mobil 3 M³
Harga Rp.1.575.000 /M³

Penggunaan Mutu Beton K 450

Penerapan kelas beton ini ditujukan pada bangunan yang memiliki beban berat di atasnya. Selain itu, menjaga ketahanan dan keawetan bangunan dalam jangka waktu lama.

Penggunaan mutu beton ini biasa dimanfaatkan pada macam-macam komponen beton prategang. Beberapa diantaranya meliputi, pelat beton prategang, tiang pancang, jalan utama, gelagar dan lain sebagainya.

Pelat Beton Prategang

Komponen ini adalah struktur tipis yang memiliki fungsi untuk menanggung beban yang didukung oleh balok pada kolom bangunan. Terdapat beberapa kegunaan pelat beton prategang pada sebuah konstruksi. Diantaranya sebagai berikut:

☑ Komponen yang difungsikan sebagai pijakan.
☑ Pemisah antara ruangan yang satu dengan lainnya ( pemisah ruang atas dan ruang bawah).
☑ Tempat untuk peletakan kabel instalasi kelistrikan, AC maupun Perpipaan.
Peat beton yang akan digunakan harus memenuhi beberapa persyaratan baik teknis maupun ekonomis. Secara teknis, penggunaan pelat lantai harus mempunyai kekuatan cukup sesuai beban perencanaan yang akan ditanggung. Sedangkan, secara ekonomis pengerjaan lantai menghabiskan dana hemat dengan kualitas baik.

Struktur pelat beton merupakan struktur yang memberikan tegangan awal dalam jumlah tertentu pada baja tulangan. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan dukungan pada beban-beban terluar. Tujuan pemberian tegangan tersebut untuk memicu tegangan awal pada penampang beton.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban tarikan saat beban bekerja. Sistem pelat beton sangat baik diperuntukkan pada struktur lantai maupun atap dari konstruksi industri dengan daya pikul tingkat tinggi.

Pelat ini ditumpu pada struktur dinding maupun balok. Namun, penggunaan balok cor-coran lebih sering digunakan. Pengecoran dilakukan secara monolit dengan pelat maupun langsung ditumpu pada kolom tanpa balok atau girder.

Baca juga: Harga Jayamix

Tiang Pancang Beton Prategang

Pondasi tiang pancang merupakan elemen yang berasal dari struktur yang dimanfaatkan sebagai penerima dan pendistribusi beban dari struktur di atasnya menuju tanah. Kedalaman tanah penunjang ditentunkan dengan kedalaman tertentu.

Karakteristik dari tiang pancang berbentuk panjang dengan mendistribusikan beban menuju tanah dalam. pembuatan tiang pancang dapat dibsuat dari baja, kayu dan beton.

Penggunaan beton dengan kualitas tinggi dengan mutu beton K450. penggunaan tiang pancang ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya meliputi :

☑ Dana pembuatan yang dibutuhkan besar tergantung aspek lokasi dan faktor lainnya. Harga tersebut dianggap murah apabila dikonversikan dengan kuat tekan yang dihasilkan.
☑ Proses instalasinya sangat mudah
☑ Penggunaan alat yang dibutuhkan tidak sulit
☑ Para pekerja dapat mengaplikasian dan melaksanakan pembangunan dengan tiang pancang
☑ Proses pelaksanaannya cenderung lebih cepat
Penggunaan tiang pancang di pasaran dibagi menjadi dua macam berdasarkan cara pembuatan. Jenis tersebut meliputi, Precast Reinforced Concrete Pile Cast in Place dan Precast Prestressed Concrete. Berikut penjelasannya

Perkerasan Jalan Utama

Perkerasan merupakan bagian dari jalan raya utama yang diperkeras dengan memanfaatkan aspal maupun semen untuk bahan pengikat. Hal ini memicu lapisan konstrujsu tertentu dengan ketebalan, kekakuan dan kekuatan tertentu.

Hal tersebut dilakukan untuk mendistribusikan beban lalu lintas di atas menuju tanah dasar. Jenis perkerasan dibagi menjadi perkerasan lentur, kaku dan komposit.

Penggunaan beton pada konstruksi perkerasan kaku memanfaatkan mutu beton K450. Komponenya terdiri atas slab beton, pondasi bawah dan lapisan permukaan.

Baca juga: Harga Pagar Panel Beton

Beberapa contoh di atas merupakan penggunaan mutu beton K450 dalam konstruksi. Untuk mendapatkan produk beton berkualitas tinggi ini maka dibutuhkan ready mix agar bisa memenuhi kebutuhan sesuai dengan kuantitas yang dibutuhkan di lapangan.

Dapatkan juga berbagai mutu beton berkualitas melalui produk tersebut yang terdekat di kota Anda.