Sebagai referensi, harga beton mutu K350 umumnya berkisar antara Rp.935.000 hingga Rp.1.395.000 per kubiknya. Harga tersebut dapat berubah seiring waktu dan dapat bervariasi di berbagai daerah.
Beton Mutu K 350
Mutu beton K350 merupakan beton yang diperuntukkan dalam pembangunan konstruksi strukutural. Terutama, konstruksi yang memiliki penahanan beban tinggi.

Mutu beton K350 merupakan kualitas beton yang memiliki kuat tekan setara dengan fc 31,2 Mpa. Mutu beton ini termasuk salah satu beton kelas III yang dimanfaatkan untuk bangunan struktural khusus.

Penggunaan kualitas beton diperuntukkan pada konstruksi bangunan seperti jembatan, landasan pesawat, lahan parkir kendaraan berat, saluran air, tiang pancang pada dermaga dan lain sebagainya.

Harga Beton Jayamix Ready Mix K 350

Klass Mutu K 350
Slump 12 ± 2 cm
Isi Mobil 7 M³
Harga Rp.935.000 /M³
Isi Mobil 3 M³
Harga Rp.1.395.000 /M³

Beton K350 sebagai Beton Kelas III

Jenis beton K350 yaitu kualitas beton kelas III merupakan mutu beton dengan kualitas tinggi. Maka dari itu, proses pembuatannya membutuhkan ketelitian dan keahlian khusus. Selain itu, memerlukan peralatan khusus dan tenaga ahli berpengalaman.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas beton tetap kontinu untuk diaplikasikan pada konstruksi yang memiliki beban tinggi. Mutu beton kelas III selain beton K350 meliputi, K325, K375, K400, K450 dan K500.

Pemilihan bahan material dalam pembuatan mutu beton mempertimbangkan komposisi, kualitas dan perhitungan yang tepat.

Penggunaan Mutu Beton K350 pada Bidang Konstruksi

Kualitas beton K350 seringkali dimanfaatkan untuk bangunan struktural dengan resiko tinggi. terutama pada bangunan bertingkat. Selain itu juga digunakan pada konstruksi dengan menahan beban tinggi. Berikut beberapa penggunaan kualitas beton K350 :

Landasan Pesawat

Landasan pada pesawat biasanya berupa perkerasan dengan tingkat kekerasan tinggi dengan jumlah lapisan satu maupun lebih. Tiap lapisan tersebut memiliki daya dukung berbeda. Hal ini tergantung pada bahan yang digunakan. Perkerasan dibagi menjadi dua yaitu :

Perkerasan Kaku

Yaitu disusun atas lapisan-lapisan pelat beton dengan kualitas dan kekuatan setara beton K350 maupun lebih. Jenis perkerasan ini lebih rigid disebabkan nilai modulus elastisitas semen memiliki nilai relatif lebih besar dibandingkan material fondasi dan tanah.

Penyerapan tegangan karena adanya beban paling tinggi dilakukan oleh pelat beton. Elemen pada struktur perkerasan ini terdiri dari tanah dasar, pelat beton dan pondasi bawah. Slab beton pada struktur memanfaatkan mutu beton K350 dengan kekuatan tekanan mencapai 350 kilogram per meter persegi.

Perkerasan Lentur

Perkerasan ini dibuat dari kombinasi aspal dan agregat dengan peletakaannya berada di atas permukaan bahan bergranular.

Penggunaan mutu beton K350 pada landasan pesawat dipakai di bagian ujung perkerasan landasan touch down atau take off. Hal tersebut dilakukan agar saat pesawat melakukan take off untuk mencegah aspal meleleh.

Terutama pada landasan pesawat tempur dengan mesin penuh saat take off dengan mngeluarkan semburan api di bagian nozzle atau saluran buang.

Baca juga: Harga Jayamix

Beton Jayamix Ready Mix Mutu K 350

Beton Mutu K 350 Untuk Saluran Air

Pengaplikasian mutu beton K350 juga digunakan pada konstruksi saluran air. Beberapa diantaranya seperti U Ditch, gorong-gorong dan buis beton U dan lain sebagainya.

Penggunaan standar mutu dalam pembuatan konstruksi karena saluran air berada di bawah permukaan tanah. Hal tersebut memungkinkan menahan beban di atasnya lebih kuat dan tahan lama. Berikut beberapa penggunannya :

U Ditch

Komponen konstruksi drainase ini merupakan saluran yang dibuat dari beton bertulangan dengan karakteristik berbentuk U dan dapat diberi penutup. Biasanya, dimanfaatkan untuk penyaluran air maupun sistem irigasi.

Ketinggiannya juga sangat beragam dan terbuka. Hal tersebut disesuaikan dengan tingkat kebutuhan di lapangan maupun ketinggian saluran yang diperlukan.

Baca juga: Harga U Ditch

Penggunaan U Ditch semakin diminati karena harganya relatif lebih terjangkau. Selain itu, menjadikan pekerjaan saluran air menjadi lebih cepat diselesaikan dengan kualitas terbaik.

Pembuatan U Ditch dapat menggunakan kualitas beton K350 maupun mutu kelas II dan III lainnya. Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi pemasangan di lapangan.

Buis Beton U

Komponen ini terbuat dari beton precast dengan bentuknya sama dengan huruf U. Penggunaannya sebagai saluran pembuangan, penyalur maupun saluran irigasi. Selain itu, konstruksi ini dipakai sebagai jembatan dengan ukuran lebih kecil.

Fungsinya adalah sebagai penyalur sungai kecil maupun bagian dari sistem drainase maupun selokan pada jalan. Ukurannya sangat beragam sesuai kebutuhan.

Pada saluran drainase diameternya 200 mm hingga 600 mm. Sedangkan, dimensinya dapat mencapau 300x 120x 750 cm.

Pengaplikasian mutu beton K350 sangat beragam sesuai dengan tingkat kebutuhan dan kondisi lapangan saat dilakukan instalasi.

Kekuatan beton mencapai 350 kilogram per meter persegi biasa digunakan pada perlintasan angkutan berat maupun saluran air dengan tekanan air tinggi.